top of page
Search

is Pizza for you?

Updated: Jul 15, 2022


Sejarah Pizza Napoletana

Sebuah dinamika berpikir masyarakat Indonesia pada umumnya yang beranggapan pizza adalah santapan orang berpenghasilan tinggi/mapan/kaya. Paradigma tersebut seolah menjadi darah daging yang tertanam dalam "laci dokumen pizza di dalam kepala" masyarakat Indonesia ketika mendengar kata PIZZA. Tidak ada yang salah, hanya saja perlu pemahaman lebih dalam, kenapa pizza itu ada.


Evolusi Pizza

Sejarah menjelaskan beberapa sumber awal mula pizza ada itu dimulai pada akhir abad ke 9 hingga pada abad 16 muncul gellette pizza di napoli. Selama beberapa abad sebelum abad ke 19, pizza hanyalah sebuah roti bundar, ceper, bahkan menjadi dasar alas makanan lainnya bagi mereka yang tidak sanggup membeli piring. Proses perkembanga pizza pun berlanjut pada taburan rempah (herbs) atau makanan yang didapat dari tanaman-tanaman, dan kemudian tidak tersengaja termakan dengan alas roti yang sudah ada.


Pizza Identik Dengan Kemiskinan?

Pada akhir abad ke 18, Napoli menjadikan pizza sebagai makanan yang lebih terkenal. kota napilo menjadi pusat pedagangan dan aktivitas ekonomi lainnya. Akibat dari urban ekonomi yang meningkat pesat, masyarakat Napoli banyak yang berjatuhan menjadi miskin karena tidak sanggup mengimbangi kemajuan ekonomi. mereka menjadi buruh tenaga kerja di pabrik-pabrik yang membutuhkan kecepatan dan waktu. Pada saat itu, pizza adalah solusi asupan makan karena penyajiannya yang cepat dan murah. Roti bundar yang hanya bertopingkan minyak, dan garam, kemudian pengembangannya menggunakan caciocavallo (keju dari susu kuda), basil, bahkan ada yang menggunakan tomat.



Margherita Maria Teresa Giovanna
Margherita Maria Teresa Giovanna | Pemesan Pizza Pertama

Pizza Berevolusi Sampai Ke Keluarga Kerajaan!

Pada tahun 1889, Raja Umberto I dan Ratu Margherita berkunjung ke Napoli. Mereka disungguhkan dengan sajian makanan Prancis kesehariannya, hingga saat ratu ingin mencoba untuk makan makanan khas lokal kota tersebut. Makanan tersebut yaitu pizzaiolo Raffaele Espsito yang menyungguhkan 2 varian pizza, dimana ratu Margherita sangat menyukai pizza yang bertopingkan saus tomat, basil, dan mozzarella yang dikenal dengan Pizza Margherita. Sejak saat itu, pizza terus tersebar ke berbagai belahan dunia.

 

Sejarah sudah mengungkapkan evolusi pizza dan sekarang, is pizza for you? Nah, apakah pizza menjadi makanan para orang kaya saja atau kita pun bisa menikmatinya dengan mudah? Hal tersebut dapat kamu miliki di Brano Pizzeria




27 views0 comments

Comments


bottom of page