top of page
Search

Perbedaan Pizza Amerika Dengan Pizza Italia, Topping Sampai Adonan Pun Berbeda!


Pizza memang berasal dari Italia, namun pizza juga terkenal di Amerika. Masih ingat kah dengan Film Teenage Mutant Ninja Turtles? Dimana mereka suka sekali dengan Pizza, namun balutan Roti yang tebal.


Nah, kedua jenis pizza ini memiliki perbedaan yang signifikan. Mulai dari adonan kulitnya hingga topping yang dimiliki dari masing-masing pizza tersebut. Pizza merupakan makanan khas Italia berupa roti yang berbentuk bundar dan di atasnya memiliki beragam topping yang begitu lezat. Mulai dari saus tomat, keju mozarella, bawang bombai, hingga variasi daging yang berbeda.

Tak hanya di Italia saja, tapi kelezatan pizza sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia. Bahkan, di Amerika pizza juga populer dan dikenal sebagai Pizza Amerika. Sajian pizza yang disesuaikan dengan lidah orang Amerika. Di Indonesia, jenis pizza yang populer adalah pizza Amerika. Hampir semua gerai pizza terkenal di Amerika yang membuka outletnya di Indonesia. Namun, belakangan banyak juga gerai restoran yang menawarkan pizza khas Italia. Dimana Pizza Italia ini menggunakan kayu bakar sebagai bahan untuk proses pembuatannya.


Kedua jenis pizza ini tentu saja memiliki perbedaan. Seperti dilansir dari Hungry Howies (26/9), ada perbedaan antara pizza Italia dan pizza Amerika yang bisa dilihat dari adonan kulitnya hingga topping. Tak hanya adonan, kamu pun bisa melihatnya dari sisi ketebalan pizza tersebut dan texture rotinya.


Baca Juga: Sejarah Pizza Ternyata Buat Kaum Kurang Mampu? Benarkah


4 Perbedaan Pizza Italia dan Amerika, tak lain meliputi:


1. Adonan Kulit Pizza


Perbedaan pizza Italia dan Amerika bisa dilihat mulai dari adonan kulit pizza. Kalau pizza khas Italia adonannya tipis. Bahkan, jenis adonannya ada yang sangat tipis dan bertekstur renyah atau kering. Karena kebanyakan memakai tepung gandum secara utuh.


Sedangkan adonan pizza Amerika ada yang tipis dan tebal. Saking tebalnya, mirip seperti adonan roti tawar yang dibuat seperti tipis. Pizza Amerika ini lebih mengenyangkan dan teksturnya terasa lebih 'berat'. Dari sisi bentuk saja mungkin kita sudah bisa menebak, Pizza yang kita akan makan khas Napoletana atau Amerika.


2. Saus Tomat

Saus tomat merupakan saus penting untuk olesan permukaan pizza. Sebagai dasar untuk meletakkan topping sekaligus untuk memberi rasa asam segar. Umumnya orang Italia membuat saus tomat sendiri. Dari tomat Italia yang dimasak hingga kental. Diberi sedikit minyak zaitun, bawang putih, basil, thyme dan oregano.


Sedangkan, pizza Amerika biasanya menggunakan saus tomat biasa. Ada juga yang menggunakan saus tomat botolan biasa atau kalengan. Jarang sekali restoran yang membuat saus tomat mereka sendiri.


“You know what? Part of me just wants to eat pizza and go to sleep.” Gwen Stefani

3. Topping Daging

Di Indonesia itu sendiri lebih banyak gerai pizza dari negara Amerika, maka sudah biasa kita menemukan penggunaan daging sebagai topping pizza. Jenis daging yang digunakan pada pizza Amerika ini adalah sosis, peperoni, bacon, ham, dan lainnya. Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan pizza Italia, jangan harap kamu bisa menemukan daging sebagai topping pizza. Kenapa? Karena sebagian besar dari mereka menganggapnya sebagai 'penistaan pizza'. Pizza khas Italia pada umumnya tidak menambahkan bahan makanan gurih dari berbagai jenis daging dalam satu hidangan.


Menurut mereka pizza meat lover adalah bagian tradisi Amerika Serikat yang berlebihan karena mengurangi cita rasa dari pizza itu sendiri. Pizza Italia umumnya memakai sayuran dan beragam keju sebagai topping dengan alas olesan saus tomat yang asam namun terasa segar.


4. Jenis Pizza

Pizza Italia dulu tidak memiliki jenis yang beragam. Hanya berupa Napoli Pizza yang toppingnya terbuat dari saus tomat dan keju mozarella saja. Namun, saat ini topping pizza sangat beragam. Mulai dari pizza margherita, pepperoni, clasicco, marinara, dan lainnya. Ada juga pizza Italia yang khusus untuk para vegetarian, yaitu pizza vegetariana.


Berbeda dengan pizza Italia, sejak dulu pizza Amerika jenisnya sangat beragam. Yang paling populer adalah Meat Lover dengan topping daging olahan yang melimpah. Pizza Amerika memiliki lebih banyak varian yang lebih beragam tak jarang ada beberapa buah sebagai topping diatasnya.

#


#BranoPizzeria #ItalianPizza #AmericanPizza #pizzaNapoletana


3 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page